7 Pekerjaan yang Hilang Karena Teknologi

Sumber foto: harianrakyataceh.com
Secara tidak langsung banyak pekerjaan manusia yang harus hilang dan tergantikan oleh teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) (Forbes Middle East)
Di era Revolusi Industri 4.0 di mana semuanya kita dituntut untuk tetap efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran teknologi memiliki andil yang cukup besar dalam hidup manusia, Kemudahan yang ditawarkan lewat teknologi menjadikan setiap pekerjaan yang dilakukan terasa lebih mudah dibandingkan tanpa adanya teknologi seperti sebelumnya.

Berikut adalah 8 profesi yang diperkirakan akan punah beberapa tahun ke depan karena perkembangan teknologi.

1. Pengantar surat
Surat-menyurat tidak lagi harus secara fisik karena melalui email seseorang bisa mendapatkan dokumen, data, respons tanpa harus menunggu kedatangan tukang pos.

2. Agen Perjalanan
Hampir 70 persen calon wisatawan dunia melakukan search and share secara digital, dan 30 persennya melakukan booking secara online.

3. Pencetak Foto
Seiring berjalannya waktu, permintaan percetakan foto kian berkurang karena masyarakat sudah mampu mencetak fotonya sendiri di rumah.

4. Telemarketing
Pekerjaan ini cenderung menurun hari demi hari karena orang sudah mulai merasa terganggu dengan adanya telepon dari telemarketing

5. Kasir
Dalam sepuluh tahun ke depan, robot dan teknologi diprediksi akan menggantikan 6-7,5 juta pekerja ritel.

6. Petugas Loket Tol
Dulu, ada karyawan yang ditugaskan untuk menagih uang tol, beberapa jalan tol sekarang sudah menggunakan teknologi mesin.

7. Resepsionis
Tampaknya, posisi ini tidak terlalu dibutuhkan lagi akibat hadirnya mesin telepon virtual yang dapat menjawab panggilan penelepon secara otomatis. Teknologi telepon virtual ini sudah banyak diterapkan di negara maju, seperti Jepang.

Belum ada Komentar untuk "7 Pekerjaan yang Hilang Karena Teknologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel